Software TCP/IP - Virtual Serial Modem

Virtual Serial Modem
  Highlighted Features  
  • Virtual serial COM port
  • Gateway Server to CSD protocol
  • Multi-thread capability
  • Transparent protocol
  • Simultaneous connection
Sistem Automatic Meter Reading (AMR) berbasis komunikasi TCP/IP (GPRS, Wifi, Ethernet, ADSL, 3G, dll) dengan alamat IP yang dinamis mewajibkan tersedianya sebuah sistem penengah yang disebut Gateway server, untuk melakukan tunneling komunikasi antara software AMR dan meter. Mekanisme inisialisasi pemanggilan ID melalui Gateway Server menggunakan koneksi socket TCP dengan proprietary protocol milik PT. Fusi Liberti Infosindo.

Sebuah software AMR maupun software meter (AIMSPro, EziView, Map110, dll) pasti dilengkapi dengan model koneksi CSD (Modem PSTN & GSM), namun tidak demikian dengan model koneksi socket TCP yang hanya didukung oleh sebagian kecil software AMR maupun software meter. Untuk menjamin bahwa sistem Gateway Server bisa dijalankan pada existing system, maka diperlukan sebuah konverter untuk menjembatani dari perintah-perintah mode komunikasi CSD menjadi mode komunikasi socket TCP yang berbasis protokol Gateway Server.

Arsitektur Virtual Serial Modem
Virtual Serial Modem adalah aplikasi berbasis windows yang menyediakan virtual serial COM port untuk mengkonversi perintah-perintah CSD dari software AMR maupun software meter. Semua data dengan protokol Gateway Server secara otomatis dikonversi ke dalam protokol CSD yang transparant sehingga bisa dipastikan akan berjalan dengan baik pada software meter maupun AMR tanpa melakukan perubahan sedikitpun.
Model komunikasi point to multi-point pada komunikasi TCP/IP akan menjadi kurang efektif jika dalam satu waktu hanya digunakan oleh sebuah koneksi saja, guna mengoptimalkan bandwith komunikasi yang tersedia maka Virtual Serial Modem juga dilengkapi dengan fitur multiple connections. Konversi dari protokol CSD ke Gateway Server dilakukan terhadap beberapa koneksi secara bersamaan dan simultan.

Foto produk :